Totalitas Pasukan Oranye Tangani Banjir Jakarta

Tahukah kalian siapa pasukan elit kebanggaan masyarakat jakarta saat ini?. Pasukan yang terbukti efektif menjalan misi yang diberikan adalah pasukan PPSU yang terkenal dengan gelar Pasukan Oranye. 

Pasukan Kebanggaan Jakarta
src:google.com

Sebuah masalah rutin tahunan yang menimpa warga DKI Jakarta yang sebelumnya terasa mustahil diselesaikan yaitu banjir yang selalu melanda DKI Jakarta hingga mengakibatkan lumpuhnya segala aktifitas Ibukota Indonesia ini. Kini Jakarta boleh dikata bebas banjir, dahulu ketika hujan tiba, genangan dimana-mana dan memakan waktu lama untuk surut. Saat ini hal tersebut berbeda, sebab genangan sekarang cepat surut dan jalanan dijakarta relatif aman. Ini terjadi berkat 15 ribu pasukan Oranye, Satgas Kebersihan dan Genangan yang dibentuk Pemprov DKI Jakarta

Petugas Pemelihara Sarana dan Prasarana Umum atau PPSU ini bertugas untuk membersihkan sampah di selokan air. PPSU dibentuk Agustus 2015 dengan anggota mencapai 15 ribu orang”. Mereka direkrut dari tiap wilayah kelurahan secara khusus untuk membersihkan mulai dari jalanan hingga dalam gorong-gorong yang tersumbat. Meski hanya bertugas sebagai pekerja kebersihan, mereka harus memenuhi syarat dan melewati sejumlah seleksi. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 58 tahun. Latar belakang pendidikan tak jadi soal. Syarat lain, harus memiliki KTP DKI Jakarta.

Peran mereka menjadi vital bila masuk musim penghujan. Mereka harus bergerak cepat mengecek titik genangan dan memastikan saluran dan pompa air dalam keadaan baik. Kinerja mereka pun diapresiasi.

Komitmen dari pasukan Oranye ini patut diacungi jempol sebab sejak pagi, dengan bekal sekop garpu, sapu lidi, cangkul, karung dan peralatan lainnya, petugas PPSU mulai mengecek tumpukan sampah yang berserakan jalanan. Setelah menyapu dan memasukkan sampah dalam karung, mereka mengecek saluran air dan selokan.

Biasanya mereka standby sejak pagi, kumpul di kelurahan lalu mulai menuju titik-titik yang dinilai bermasalah, mengingat kondisi pekerjaan di lapangan tidak menentu dan berpeluang kotor serta basah maka biasanya mereka menyiapkan baju seragam tugas pengganti, selain itu untuk kekuatan dan ketahanan fisik mereka selalu biasa makan pagi sebelum berangkat tugas.

Banyak orang yang meremehkan pekerjaan mereka bila tanpa komitmen dan ketangguhan mereka, mungkin rakyat jakarta saat ini telah merasakan banjir sejak bulan januari lalu, seperti yang dialami ditahun-tahun sebelumnya. 

Penasaran bagaimana kesungguhan Pasukan Oranye ini? Simak video berikut 





Video kiriman dari Irfan Jussadi ini menuai decak kagum karena di video ini kita dapat melihat kesungguhan dari Pasukan Oranye yang dibanggakan masyarakat Jakarta saat ini dalam menangani banjir dan upaya pencegahan banjir.

Sebuah masalah rutin tahunan yang menimpa warga DKI Jakarta yang sebelumnya terasa mustahil diselesaikan yaitu banjir yang selalu melanda DKI Jakarta