Kacamata Butawarna EnChroma

Satu dari 12 laki-laki dan satu dari 200 perempuan memiliki beberapa defisiensi penglihatan warna, awamnya adalah 'butawarna'. Terdapat banyak jenis buta warna tapi masalah yang umunya adalah pada pembedaan warna merah dan hijau. Warna biru yang digunakan oleh CEO Facebook — Mark Zuckerberg— karena ia memiliki buta warna merah-hijau. Bertempat di Berkeley, California, EnChroma menemukan penemuan 'tak sengaja' yang membantu untuk dapat melihat lebih banyak warna.

Kacamata untuk Penderita Buta Warna


Satu dekade lalu ketika ilmuan Dr. Don McPherson sedang membuat kacamata pelindung untuk operasi laser. Ia menyadari bahwa ahli bedah menggunakan kaca dari ruang operasi dan menggunakannya sebagai kacamata. Saat ia mencoba untuk dirinya, ia menyadari bahwa dunia tampak lebih bewarna walaupun ia memilki penglihatan warna yang normal. Namun saat itu ia belum menyadari hal itu dapat membantu penderita buta warna hingga salah satu temannya mengenakannya dalam sebuah permainan Frisbee.

Ketika teman Don mengenakan kacamata itu ia berkata kalau ia dapat melihat kerucut oranye yang berada dilapangan. Ketidakmampuan melihat warna oranye dipadang rumput adalah hal yang wajar pagi penderita butawarna hijau-merah. Dr.Don menyadari bahwa ketidaksengajaan yang ia lakukan dapat membantu orang lain.

National Institute of Health memberikan Don dana dan setelah beberapa tahun penelitial dan percobaan, akhirnya ia mendirikian EnChroma pada 2010 bersama dengan Andrew Schmeder.

Pada tahun 2015 lebih dari 30.000 kacamata telah terjual diseluruh dunia dengan harga sekitar $300 dolar atau Rp. 4.000.000 dan dapat disesuaikan.

Terharu dan Bahagia  merupakan respon yang dipancarkan oleh pengguna EnChroma saatdapat melihat dunia disekitar mereka menjadi lebih berwarna untuk pertama kalinya.

Berikut cuplikannya videonya :


Kacamata ini akan terus dikembangkan karena belum dapat bekerja untuk semua jenis buta warna, terdapat 20 persen dari pengguna yang belum merasakan perbedaan saat mengenakannya.

Testimoni dari Dr. Michael Le — Dokter mata dari Palo Alto Vision Optometry — sebelumya ia tak percaya dengan hal ini, tapi setelah melihat reaksi positifi pasien, ia berubah pikiran dan akan merekomendasikan kacamata ini pada penderita butawarna untuk membantu mereka.

Mungkin 5-10 tahun kedepan penderita butawarna akan sangat terbantu karena dengan kacamata EnChroma yang telah lebih dikembangkan, dan mereka tak mengalami kesulitan dalam mencari kerja lagi.

dikutip dari : CNBC News

Satu dari 12 laki-laki dan satu dari 200 perempuan memiliki beberapa defisiensi penglihatan warna, awamnya adalah 'butawarna'. Terdapat banyak jenis buta warna