Ciri Penyadapan Ponsel


Penyadapan memang menjadi suatu tindak kejahatan atau kriminal bagi seseorang. Kejahatan yang demikian bersifat silent atau sembunyi-sembunyi atau tidak diketahui oleh si pemiliknya.


Dengan mengetahui adanya orang/oknum yang melakukan penyadapan terhadap kita perlu juga kita ketahui. Agar dapat mengantisipasi apabila kita ingin bicara secara rahasia terhadap seseorang.



Ciri Ponsel Disadap




Bila presiden keenam kita membaca mengenai ciri ponsel yang disadap yang diulas Jalantikus, tentu pak SBY tak perlu menggelar jumpa pers untuk membahas hal ini.

Berikut adalah ulasan tanda ponsel yang disadap :

1. Aplikasi yang Tidak Dikenal


Pada penyadap ponsel, biasanya pelaku harus memasang aplikasi tambahan di ponsel target. Uniknya, pelaku biasanya menyembunyikan aplikasi tersebut agar tak terdeteksi.

Untuk mengakalinya, coba cek di menu Settings - Apps atau Application Manager, lalu cek apakah ada aplikasi asing di ponsel pintar kamu. Jika ternyata ada aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu instal sebelumnya, bisa jadi itu adalah malware atau spy-program yang menggondol datamu.


2. Baterai Mudah Habis dan Panas


Untuk mengirim data-datamu, aplikasi mata-mata yang diinstal oleh pelaku mesti berjalan terus di background. Alhasil, ponsel akan terasa lebih cepat panas, dan penggunaan baterai menjadi tak wajar alias boros

Coba cek penggunaan baterai kamu. Jika ada program mencurigakan yang terus berjalan, bisa jadi memang ponsel kamu disadap orang.


3. Kuota Boros


Selain baterai boros karena ada aplikasi asing berjalan di background, ponsel yang disadap juga biasanya boros kuota. Hal ini karena aplikasi asing tersebut terus mengirimkan data ke luar tanpa sepengetahuan kamu.

4. Smartphone Lemot


Pernah ngerasain ponsel kita lemot saat menjalankan aplikasi atau game?. Jangankan game, aplikasi ringan saja akan terasa lemot bila terdapat malware atau spy-program yang bekerja dibalik layar.



5. Sering Muncul Iklan Pop Up


Beberapa aplikasi spyware tak dapat bekerja secara otomatis, jadi dengan adanya pop-up pada ponsel dapat membantu aplikasi itu untuk aktif setelah terjadi 'klik' pada pop-up yang muncul.


6. GPS Mendadak Aktif


Mengetahui lokasi target adalah salah satu tujuan penyadapan. Pengaktifan GPS secara paksa dapa terjadi karena spyware yang terpasang di ponsel kamu. Bila tiba - tiba GPS aktif, bisa dipastikan ada sesuatu yang tak beres dengan ponsel kamu.


7. WiFi Sering Aktif Sendiri


Saat berada ditempat umum, public WiFi tentu diperlukan, namun bila pengaturan koneksi wifi ponsel tiba - tiba aktif, patut dicurigai bisa jadi ponsel kamu sedang disadap.Saat menggunakan WiFi, pelaku akan dengan mudahnya melakukan transfer infeksi data ke targetnya.




Banyak pakar yang menganjurkanagar tidak melakukan login ke situs yang bersifat privasi seperti akun bank untuk menghindari kerugian yang tidak dinginkan bila sedang menggunakan public WiFi




Kesimpulannya adalah selalu waspada terhadap situasi yang ada disekitar kita, baik itu dari luar maupun dari dalam karena di zaman modern saat ini tindak kejahatan dapat dilakukan hanya dengan satu ketukan jari pada layar ponsel saja. 

Penyadapan memang menjadi suatu tindak kejahatan atau kriminal bagi seseorang. Kejahatan yang demikian bersifat silent atau sembunyi-sembunyi atau