Manfaat dari Petir yang Jarang Diketahui

Akhir - akhir ini musim hujan sedang singgah di Indonesia, tentu curah hujan akan meningkat dan tak jarang menimbulkan petir juga. Sebenarnya, apasih manfaat dari petir itu?

Ketika sang pencipta menciptakan makhluk hidup, bumi beserta alam semesta dan isinya, tentu setiap zat, benda dan makhluk itu tidaklah diciptakan semata-mata hanya sebagai pelengkap atau sekedar hiasan, tentu terdapat manfaat didalamnya yang mungkin masih belum dapat dipahami dan tetap menjadi misteri.
Begitu pula dengan petir. Ketika mendengar kata petir, ada dua kata yang terlintas dipikiran saya ̶̶̶  Takjub dan Takut  ̶̶̶  Takjub lantaran petir memiliki bentuk yang beragam ketika menampakan diri dan takut bila menjadi sasaran kunjungan petir hehehe.

Manfaat petir dikehidupan

Petir memang diketahui memiliki daya hancur yang luar biasa karena memiliki muatan listrik dalam jumlah besar yang apabila tersalurkan menuju kepermukaan bumi dapat menimbulkan kerusakan yang serius.
Ternyata, dari daya rusak petir yang luar biasa itu, terdapat manfaat dibaliknya. sebelum kita bahas, lebih baik kita cari tahu bagaimana petir dapat tercipta. Simak penjelasan berikut!
Petir terjadi melalui proses elektrifikasi di awan, muatan listrik statis terbentuk karena adanya gesekan antara udara panas dengan awan yang membawa partikel-partikel bermuatan dari sumber air laut maupun daerah industri. Proses charging ini terus menerus terjadi di awan selama masih ada beda tekanan udara, yang mengakibatkan udara panas terus bergerak menerabas awan.
Sehingga sampailah, muatan listrik statis yang terbentuk di awan ini menjadi sangat banyak dalam orde Mega Coloumb. Hal ini menjadikan kuat medan listrik menjadi sangat tinggi. Jika kuat isolasi udara sudah tidak lagi mampu menahan medan listrik yang tinggi ini, maka akan akan mengalirlah muatan listrik dari awan menuju bumi, dan terjadilah petir. Setelah kita tau bagaimana Petir itu terjadi. Cukup ribet bukan? tapi bagai mana mungkin Petir itu dapat memberi manfaat?

Berikut adalah manfaat dari petir - petir itu:

1. Memproduksi Ozon O³

terjadinya reaksi antara petir dengan O2
src: Google.com

Seperti yang kita tahu, bumi kita dilapisi dengan lapisan ozon yang berguna untuk melindungi bumi dari radiasi sinar matahari yang berbahaya bagi kehidupan di bumi seperti sinar ultraviolet (UV) sehingga sinar UV yang sampai di bumi dalam jumlah yang tidak berbahaya.

Hubunga petir dengan lapisan ozon adalah ketika petir memicu terjadinya reaksi kimia dari O2 atau oksigen menjadi O³. Sederhanya tiga senyawa O² kan pecah menjadi enam senyawa O² dan akhirnya terbentuk dua senyawa O³. Proses pembelahan tiga senyawa O² tidak akan terjadi tanpa bantuan dari petir.

2. Membunuh Kuman dan Bakteri

Suhu Tinggi Dapat Membunuh Bakteri
src : google

Populasi kuman dan bakteri yang tersebar di udara diperkirakan mencapai jutaan. Apalagi bila berada ditempat sumber penyakit seperti tempat sampah, pabrik, rumah sakit, dan lain-lain.

Pada saat akan turun hujan, permukaan bumi akan terasa lebih lembab, karena meningkatnya kandungan uap air di udara. Kondisi lembab membuat bakteri lebih leluasa untuk tumbuh dan berkembang. Saat terjadi sambaran atau kilatan petir diudara, pada saat yang bersamaan akan membunuh kuman dan bakteri yang berada diudara. Matinya bakteri disebabkan karena muatan listrik yang mengalir melesat di udara akan memanaskan udara sekitarnya.

Jadi bila terjadi hujan disertai kilat dan petir, terjadi juga pembersihan udara sehingga ketika hujan selesai udara akan terasa lebih nyaman dan bersih dari sebelum terjadinya hujan.

3. Menjaga Kesuburan Tanah

Terjadi Reaksi Kimia antara Petir dan Tanah
src : google.com


Manfaat yang ketiga adalah menjaga kesuburan tanah, tentu kita bertanya mengapa bisa?. Ketika petir menyambar terjadi reaksi - reaksi kimia lain selain pembentukan ozon. salah satu reaksi yang terjadi ketika nitrogen dengan air, ketika hal ini terjadi maka kadar nitrogen yang terdapat pada tanah meningkat. 

Meningkatnya kadar Nitrogen membuat jumlah unsur hara didalam tanah semakin banyak sehingga sumber makanan bagi tumbuhan semakin bayak dan baik pula.

4. Manfaat untuk Sumber Energi Listrik

Akan Menjadi Sumber Energi Masa Depan
src : google.com


Tim ilmuwan brasil yang dipimpin oleh Fernando Galemback, mengatakan mereka telah mengadakan penelitian dan mengklain bahwa mereka telah mengetahui bagaimana listrik terbentuk dan dilepaskan diatmosfer dengan hasil sambaran petir.

Hasil dari penelitian ini membuat perangkat yang dikembangkan untuk mengektrak dan melepas muatan listrik dari atmosfer dan menggunakannya.

Ternyata mereka menemukan silika yang menjadi lebih bermuatan negatif selama kelembaban udara yang tinggi. Selain silika, aluminium fosfat menjadi lebih bermuatan positif dikondisi yang serupa.

Penemuan alat yang dinamakan hygroelectricity ini memang sebuah kemajuan, namun penelitian dan pengujian kepada alat ini mesti terus dikaji ulang. Pengkajian ini untuk memastikan agar alat ini tak menjadi 'pedang mata dua' yang dapat merugikan atau malah menguntungkan. Terciptanya alat ini memungkinkan kita akan memiliki sumber energi yang tak terbatas.

Begitulah beberapa manfaat dari petir yang mungkin tak kita ketahui, sungguh segala sesuatu yang diciptakan tentu memilki manfaat dan beberapa diantaranya mungkin belum diketahui.

Meskipun cukup bermanfaat, jangan lupa untuk tetap berlindung bila terjadi petir dan jauhi teras, peralatan logam, dan telpon yang sekiranya dapat menghantarkan aliran listrik.


Petir memang berbahaya, tapi ada manfaatnya juga loh