Mengapa Kaca Belakang Mobil Bergaris - Garis?


Kebanyakan pengguna atau pemilik mobil tak menyadari apa fungsi dari 'garis coklat' yang berada dikaca belakang mobil.

Apakah garis-garis ini memiliki fungsi atau tidak? atau hanya sekedar pemanis belaka?.

Mungkin beberapa pengemudi sudah mengetahui apa fungsi dari garis-garis ini, karena kamu salah satu yang belum tau jadi mari kita bahas.


defogger kaca belakang mobil
Rear Windshiled Defogger

Keliatan belum garis - garis nya? ituloh yang warna coklat digambar atas

Sebenarnya apasih fungsi garis itu? garis garis warna coklat itu dinaman DEFOGGER atau Penghilang Embun saat kondisi hujan atau cuaca dingin. Pada umunya defogger ini dipasang dikaca belakang hal ini berfungsi agar saat mengendarai ketika cuaca hujan, embun yang dapat menggangu penghilatan dapat dikurangi bahkan dapat dihilangkan. 

Cara kerja defogger adalah dengan memanaskan kaca melalui udara ataupun elemen panas yang dihembuskan ke kaca untuk menghilangkan embun yang ada pada kaca mobil anda.Sehingga embun seketika akan hilang, jarak pandang anda ketika mengemudi pun tidak akan terganggu. Cukup dengan menekan tombol defogger pada dasbor, defogger akan berfungsi dengan baik. 

mengaktifkan Defogger
Tombol Defogger
Sekarang dengan zaman yang sudah maju defogger dipasang juga pada kaca spion yang tentunya dengan tujuan yang sama untuk menghilangkan embun pada kaca spion

Tercengang bukan? haha ternyata fungsinya sangat vital, jadi jangan beranggapan kalau 'garis-garis' coklat ini ga berguna. 

Satu hal lagi, penggunaan defogger dalam waktu yang lama dapat membuat kaca rusak bahkan dapat pecah karena terjadi perbedaan suhu didalam dan luar mobil, selain itu bila defogger tak berfungsi dengan semestinya, periksa garis-garis yang ada, mungkin terputus atau tidak terpasang dengan sempurna.


Begitulah penjelasan fungsi garis-garis kaca belakang mobil, sampai jumpa dipostingan selanjutnya